Selasa, 19 November 2013

7 Penjelajah Dunia

7 Penjelajah Yang Berpengaruh Dalam Sejarah Dunia 


1. Marco Polo
            Marco Polo (15 September 1254 - 8 Januari 1324) adalah seorang pedagang dan penjelajah Italia. Ia pergi ke Cina semasa berkuasanya Dinasti Mongol. Ia terkenal karena kisah-kisahnya sangat menarik dan aneh bagi bangsa Eropa.
Pada masa itu, bangsa Barat tidak mengenal dunia Timur.
Sebagian cendekiawan berpendapat bahwa Marco Polo memang pergi ke Cina, tetapi tidak mengunjungi semua tempat yang digambarkan dalam bukunya (misalnya Xanadu).
Salah satu kisah Marco Polo yang menarik untuk bangsa Indonesia adalah cerita tentang unicorn atau kuda bertanduk satu yang menurutnya dijumpainya di pulau Sumatra. Tetapi, ilmu pengetahuan membuktikan bahwa yang ditemukan Marco Polo itu bukanlah unicorn melainkan badak Sumatra.

2. Christopher Colombus

            Penjelajah berkebangsaan Italia yang pernah di elu-elukan, namun kini   dicemoohkan itu tidak 'menemukan' Amerika dan tidak pula berpendapat bahwa bumi itu bulat. Namun demikian, Christopher Colombus berhasil menanamkan keberadaan wilayah hemisphere barat secara permanen dalam benak orang-orang eropa bagian barat. Ia mengawali mata rantai kejadian yang akan membantu terwujudnya kolonisasi bangsa eropa dan kelak menjadi dominasi mereka atas wilayah hemisphere barat.
3. Bartholomeu Diaz

 Bartholomeu Diaz yang dilahirkan di dekat lisbon, tumbuh dewasa di lingkungan pelabuhan dan telah membuktikan dirinya sebagai seorang navigator berbakat dan juga seorang pelaut alami. Ia hidup pada zaman ketika portugis menjadi salah satu kekuatan laut dunia terdepan dan ia di kelilingi oleh orang-orang yang pernah berlayar bersama dengan Henry sang Navigator dan Diego Cao yang agung. 

4. Vasco Da Gama

            Navigator berkebangsaan portugis yang menjadi pelopor perdagangan eropa dan juga perluasan kegiatan perdagangan portugis di wilayah timur jauh, Vasco da Gama, dilahirkan di sines, provinsi alentejo

5. Fransisco Pizzar

            Fransisco Pizzaro adalah penakluk peru asal spanyol yang terkenal kejam. Ia dilahirkan di trujillo, estremadura di spanyol dan ia melakukan pelayarannya ke benua amerika dalam ekspedisi Oleda pada tahun 1509, dimana ia membantu Fernandez de Enciso mendirikan kota Santa Maria la Antigua del Darien di panama pada tahun 1510. 

6. Robert de La Salle

            Rene Robert Cavalier Sieur de La Salle dilahirkan di rouen, prancis dan dididik oleh kalangan Jesuit. Terdorong oleh semangatnya yang tidak pernah diam, ia datang ke montreal pada tahun 1666 dan mengambil jaminan tanah di sepanjang sungai St. Lawrence. Meskipun demikian ketertarikan utamanya adalah pada penjelajahan wilayah-wilayah yang belum diketahui ke arah barat dan selatan dan juga pada pengembangan perdagangan kulit hewan dengan orang indian. Dalam kurun waktu 1666-1673, ia melakukan penjelajahan yang begitu luas di selatan danau erie dan danau ontario, mungkin mencapai air terjun di loisville

7. Yuri Gagarin
           
   Pada tanggal 12 april 1961, dunia menahan napasnya ketika terbetik berita bahwa sudah ada manusia pertama yang terbang ke luar angkasa. Letnan kolonel Yuri Gagarin adalah seorang pejabat angkatan udara dan kosmonaut pertama uni soviet.
vv

0 komentar:

Posting Komentar